Kamis, 29 Desember 2011

Manusia Dan Tanggung Jawab IBD

Dalam Tugas kali ini dengan Tema Manusia Dan Tanggung Jawab yang akan saya bahas adalah Macam-macam Tanggung Jawab. Namun sebelum itu, Singkat kata akan saya berikan penjelasan mengenai Tanggung Jawab yang bersumber dari http://baguspemudaindonesia.blogdetik.com

A. Pengertian tanggung jawab
Tanggung jawab menurut kamus bahasa indonesia adalah, keadaan wajib menaggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban menaggung, memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja.tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian hidup manusia ,bahwa setiap manusia di bebani dengan tangung jawab.apabila di kaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus di pikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.
Tanggung jawab adalah cirri manusia yang beradab.manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan .



Dalam Sumber Lain ( http://nothingwrongwithmylongblackhair.wordpress.com) menyebutkan .
 Macam-macam Tanggung Jawab:   


 a. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengambangkan kepribadian sebagai manusia prbadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan menganai dirinya sendiri menunrut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral namun manusia juga seorang pribadi. Karena merupakan seorang pribadi manusisa mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri angan angan sendiri sebagai perwujudan dari pendapat perasaan dan angan angan masnusia berbuat dan bertindak.
b. Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan Masyarakat kecil, keluarga terdiri dari suami-istri , ayah ibu dan anak anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkun nama baik keluarga tapi ketangung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan pendidikan dan kehidupan
c. Tanggung jawab terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusai tidak bisa hidup tanoa bantuan omanusia lain, sesua dengan kedudukannya sebagai mahluk social. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga mdengan demikian manusia disisni merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lain agat dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkat lkau dan perbuatannya harus dipertaggung jawabkan kepada masyarakat.
d. Tanggung jawab kepada Bangsa/Negeri
Bahwa setiap manusia adalah warga Negara suatu Negara dalam berpikir, berbuat, bertindak, ertingkah laku manusia terikat oleh norma norma atau ukuran ukuran yang dibuat oleh Negara. Manusia tidak dapat berbuat semuanya sendiri bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.
e. Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga dikatakan tindakan manusia tidak lpas daei hukuman hukuman Tuhan. Yang diruangkan dalam berbagai kitab suco melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukuman hukuman  tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan jika perungatan yang keraspun manusia masih juga tidak menghiraikan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah perintah Tuhan. Berarti menginggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan terhadap Tuhan sebagai penciptanya. Bahkan untuk memenuhi tanggungjawabnya manusia harus berkorban.

Macam-macam Tanggung Jawab diatas secara singkat dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab itu dimulai dari tanggung jawab terhadap diri kita sendiri, terhadap masyarakat, terhadap Bangsa, terhadap keluarga, terhadap Tuhan.

Menurut Pendapat saya, Manusia bertanggung Jawab atas diri sendiri berarti Manusia sendiri itulah yang mengatur nasib hidupnya sendiri, Ia berbuat baik berarti Ia akan mendapat kebaikan pula begitupun sebaliknya.
Manusia bertanggung Jawab atas Keluarganya berarti Manusia tersebut yang mengatur rencana gaya hidup bagi keluarganya, bertanggung jawab atas memanage apapun yang ada dalam keluarganya.
Manusia bertanggung jawab atas Bangsa berarti Manusia juga dapat memengaruhi nasib bagi Bangsa/Negara yang Ia tempati.
Manusia bertanggung Jawab terhadap TUHAN berarti manusia yang telah dilahirkan berarti dipercaya tuhan untuk diberi tanggung jawab. Manusia diberi tugas yang telah diajarkan dalam agama atau prinsip masing-masing. Manusia yang tidak akan hidup kekal di bumi akan diminta pertanggung jawabannya atas apa yang Ia perbuat ketika Ia hidup di dunia yang fana ini.

Demikianlah Tulisan ini saya buat. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan ini. Mohon maaf juga jika Opini yang saya berikan kurang mengesankan.

KOOSHARDIANTINI
34411010
1ID04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar