Selasa, 15 Oktober 2013

metode penelitian


Penelitian terhadap tingkat kematian manusia akibat rabies di Indonesia
(Hewan anjing sebagai pembawa utama)

Pendahuluan
Rabies merupakan penyakit zoonosis yang menyerang sistem saraf pusat sehingga dapat berakibat fatal. Penyakit ini disebabkan oleh virus dari genus Lyssavirus famili Rhabdovirus dan dapat menyerang ke semua sepesies mamalia termasuk manusia. Penyakit ini disebarkan oleh hewan tertular rabies dan anjing merupakan pembawa utama yang dapat melangsungkan siklus infeksi penyakit rabies. Adanya kontak air liur dengan membrana mukosa melalui luka dapat menyebabkan penularan rabies. Hal tersebut sama halnya dengan gigitan maupun cakaran yang juga dapat menularkan infeksi. Rabies menjadi salah satu perhatian utama pada sektor kesehatan masyarakat di beberapa negara di Asia, rabies ini merupakan salah satu penyakit yang menjadi prioritas secara nasional . Penyakit ini bersifat endemis  di Indonesia dan telah menyerang 24 provinsi dari 33 provinsi dan rata-rata 150-300 kasus kematian manusia akibat rabies setiap tahunnya. Kasus rabies pertama kali dilaporkan di Jawa Barat pada anjing tahun 1889 dan kasus rabies pada manusia tahun 1894.

Formulasi Masalah
Terkait pendahuluan yang dipaparkan diatas maka dapat diformulasikan masalah sebagai berikut. Bagaimana mengetahui alasan rasa rakut (phobia) terhadap hewan anjing. Bagaimana mengetahui langkah awal apabila digigit anjing. Apa saja faktor yang mempengaruhi penularan rabies. Apa metode pengendalian dan pencegahan terhadap rabies yang disebabkan oleh anjing.

Tujuan Penelitian
1.        Rasa takut (Phobia) terhadap hewan Anjing.
2.        Mengetahui langkah awal apabila digigit anjing.
3.        Mengetahui faktor yang mempengaruhi penularan rabies.
4.        Mengetahui metode pengendalian dan pencegahan terhadap rabies yang disebabkan oleh anjing.
5.        Mengetahui alasan sebagian masyarakat phobia terhadap anjing.

Tugas diatas dibuat guna memenuhi tugas pertemuan pertama terkait mata kuliah metode penelitian jurusan teknik industri Universitas Gunadarma.

KOOSHARDIANTINI
34411010
3ID05

Tidak ada komentar:

Posting Komentar